BUKTI PENGABDIAN, ASN MTsN 1 TEMANGGUNG MENERIMA TANDA KEHORMATAN

HUMAS ║Penulis: Ato’ Farid ║Editor: Tristi Munawaroh ║Rabu, 6 Januari 2021

ASN MTS Negeri 1 Temanggung penerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya berfoto bersama di halaman Kantor Kemenag Kabupaten Temanggung pada 5 Januari 2021

Parakan, Temanggung – TANDA KEHORMATAN SATYALANCANA KARYA SATYA merupakan penghargaan negara yang diberikan Presiden kepada PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD 1945, Negara dan Pemerintah serta penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan dan disiplin sehingga dapat menjadi teladan bagi pegawai lainnya. Dasar hukum ialah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar,Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. Dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 1 Tahun 2010 Tentang Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan. Peraturan Pemerintah RI Nomor 35 tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

TANDA KEHORMATAN SATYALANCANA KARYA SATYA dianugerahkan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS), sebagai penghargaan yang dalam melaksanakan tugasnya telah menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, dan kedisiplinan serta telah bekerja terus menerus sekurang-kurangnya 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun.

Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya terdiri dari 3 macam:

  • Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 10 Tahun
  • Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 20 Tahun
  • Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun

Bentuk dan warna pita (Dasar Biru, dengan lima lajur abu-abu). Warna Medali dapat dibedakan:

  • Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 10 Tahun (warna perunggu)
  • Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 20 Tahun (warna perak)
  • Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun (warna emas)

Sehubungan dengan hal tersebut, pada Selasa 5 Januari 2021 bertempat di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, delapan PNS (sekarang disebut ASN/aparatur sipil negara) MTs Negeri 1 Temanggung menerima penghargaan ini dalam apel upacara terbatas Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-75 Tahun 2021. Kedelapan ASN ini menerima Tanda Kehormatan berupa Satyalancana Karya Satya dengan pengabdian selama 20 tahun. Dua tahun sebelumnya, tanda kehormatan serupa juga diberikan kepada M.Z. Muhtadin, S.Ag dan Drs. Amin Wastoni.

Tujuannya selain sebagai penghargaan atas jasa-jasanya, juga bertujuan sebagai pendorong untuk meningkatkan pengabdian dan prestasi kerja, sehingga dapat dijadikan teladan bagi Pegawai Negeri Sipil lain.  Adapun waktu pemakaian Satyalancana ini dipakai pada waktu upacara resmi/hari-hari besar nasional. Pada pakaian pria dengan Pakaian Sipil Lengkap (PSL) dan pada pakaian wanita dengan Pakaian Nasional. Cara pemakaian Satyalancana berpita gantung, digantungkan. Ahli waris, hanya boleh menyimpan tetapi tidak berhak memakai.

Berikut ASN MTs Negeri 1 Temanggung yang menerima tanda kehormatan dari Presiden di Tahun 2021.

  1. Moh. Fahrudin, S.H.I
  2. Tri Wahyuni, S.Pd.
  3. Istri Wigati
  4. Umatul Choeriyah, S.Pd.
  5. Dra. Yuni Wakhidah
  6. Dra. Endang Suryani Afriyah
  7. Dra. Siti Ngaesaroh
  8. Siti Fajriyah, S.Pd.

sumber: setneg.go.id

Akhir kata, selamat kepada penerima tanda kehormatan ini dan mari bersama lawan covid. Semoga bermanfaat. (af_20.57)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *