Kegiatan Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Covid-19

Parakan – Pertengahan Maret 2020, dunia digegerkan dengan meluasnya wabah penyakit sehingga dunia pendidikanpun terkena dampaknya. Kegiatan Belajar Mengajar yang secara normal dilakukan face to face di kelas menjadi dialihkan secara daring atau luring. Maka sejak saat itu, madrasah sudah seperti  tak berpenghuni lagi, tidak hanya murid yang dirumahkan tetapi bapak dan ibu gurupun mulai bekerja dari rumah (work from home/WFH).

Riwayat Pembelajaran Jarak Jauh dimasa PANDEMI COVID-19 pada MTsN 1 Temanggung dapat digambarkan sebagai berikut. Pertama, kegiatan pembelajaran pada madrasah dialihkan secara mandiri dirumah pada 16 hingga 29 Maret 2020. Kedua, diperpanjang hingga 13 April 2020. Ketiga, diperpanjang hingga 30 April 2020. Keempat, diperpanjang hingga 30 Mei 2020. Kelima, kembali diperpanjang sampai dengan tanggal 20 Juni 2020. Dan kami berhasil melalui periode ke periode dengan aman.

Tujuan Pelaksanaan Belajar Dari Rumah

Memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat COVID-19;

Melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk COVID-19;

Mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di satuan pendidikan; dan

Memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik dan orang tua/wali.

Pelaksanaan Belajar Dari Rumah oleh Guru

Guru memfasilitasi pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh secara daring, luring, mupun kombinasi keduanya sesuai kondisi dan ketersediaan sarana pembelajaran.

Menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.

Fasilitasi pembelajaran jarak jauh daring

Waktu pembelajaran daring sepanjang hari menyesuaikan ketersediaan waktu, kondisi, dan kesepakatan peserta didik dan orangtua/walinya.

Fasilitasi pembelajaran jarak jauh luring.

Proses Pembelajaran luring dapat dilaksanakan dengan: menggunakan media buku, modul dan bahan ajar dari lingkunan sekitar.

Pelaksanaan Belajar Dari Rumah oleh Peserta Didik

Pembelajaran daring oleh peserta didik

Waktu Pembelajaran Jarak Jauh daring sepanjang hari, menyesuaikan waktu dan kondisi orang tua/wali peserta didik atau peserta didik dan kesepakatan dengan guru atau satuan pendidikan.

Pembelajaran luring oleh peserta didik

Pembelajaran Luring menggunakan buku, modul media buku, modul dan bahan ajar dari lingkunan sekitar.

Waktu: sepanjang hari, menyesuaikan waktu dan kondisi orang tua/wali. Pengumpulan tugas di akhir minggu, atau disesuaikan dengan kondisi peserta didik.

  • Pembelajaran Luring dengan media televisi dan radio nasional atau daerah

Waktu belajar sesuai dengan jam tayang pembelajaran televisi dan radio. Waktu mengerjakan dan pengumpulan tugas sesuai dengan kesepakatan dengan pendidik.

Pelaksanaan Belajar Dari Rumah oleh Orang Tua/Wali Peserta Didik

Pendampingan Pembelajaran Jarak Jauh baik secara daring dan luring oleh orang tua/wali terhadap peserta didik menyesuaikan kondisi, dan ketersediaan waktu dan sarana dan prasarana pembelajaran.

  • Pendampingan pembelajaran daring

Waktu pembelajaran sesuai dengan kesepakatan dengan guru dan peserta didik. Berikut langkah pendampingan belajar daring terhadap peserta didik.

  • Pendampingan pembelajaran luring menggunakan buku dan modul media buku, modul, dan bahan ajar dari lingkunan sekitar.

Dampak Penyebaran Covid-19

Dampak yang paling dirasakan dari masa pandemi Covid-19 ialah pelaksanaan Ujian Nasional Tahun  2020 dibatalkan termasuk Uji Kompetensi Keahlian 2020 bagi Sekolah Menengah Kejuruan. Sehingga kelulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) / sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir. Nilai semester genap kelas 9 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

Dampak lainnya, pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun bagi kelas 7 dan 8 dilalhkan secara daring, demikian juga untuk proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MTsN 1 Temanggung Tahun Pelajaran 2020/2021.

Ketika madrasah kami tak berpenghuni

Berikut gambaran ketika madrasah kami ketika tak berpenghuni lagi sejak 16 Maret 2020. Foto diambil pagi dan video dibuat malam pada Hari Senin 4 Mei 2020 silam.

Video dengan judul “ketika tak berpenghuni”

Theme song: https://www.youtube.com/watch?v=Pu-rKB_Kwqs

sumber:

  1. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19)
  2. Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19)

Akhir kata, tak ada kata terlmbat dan mari bersatu lawan covid. Semoga bermanfaat. (af_15.10)

  • Humas MTsN 1 Temanggung

Penulis                  : ato’ farid

Diuplod                 : Rabu 3-6-2020


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *