SELAMAT HARI AMAL BAKTI KEMENAG RI KE-75 TAHUN 2021

Humas ║ Penulis: Ato’ Farid  ║ Edior: Tristi Munawaroh ║ Selasa, 22 Desember 2020

Parakan, Temanggung –  Penetapan Menteri Agama Nomor 6 Tahun 1956 tanggal 1 Maret 1956 menetapkan bahwa hari kamis tanggal 3 Januari 1946 adalah hari berdirinya Departemen Agama. Dasarnya ialah Penetapan Pemerintah No 1/S.D. tanggal 3 Januari 1946 (29 Muharram 1364 H). Maka tanggal 3 Januari dirayakan sebagai hari berdirinya Departemen Agama. Namun sejak 3 Januari 1980 pada Peringatan Hari Ulang Tahun Departemen Agama ke-34 diubah penyebutannya menjadi Hari Amal Bakti Departemen Agama RI (sekarang Kementerian Agama).

Perubahan penyebutan mengandung konotasi mengenai perihal bahwa setiap memperingati hari jadi Kementerian Agama, maka tujuan yang paling penting adalah untuk menggugah kembali tekad seluruh jajaran Kementerian Agama agar meneruskan amal bakti dalam melayani dan membimbing kehidupan beragama di Indonesia. Sebutan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI mengandung konotasi bahwa lahir dan hadirnya Kementerian Agama RI merupakan salah satu rentetan konsensus nasional mengenai dasar dan ideologi Negara, yaitu Pancasila.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Hari Amal Bakti ke-75 Tahun 2021 Kementerian Agama dengan tema “INDONESIA RUKUN” diperingati di tengah-tengah masa pandemi Covid-19. Sesuai kondisi tersebut, maka Upacara Hari Amal Bakti Ke-75 Tahun 2021 di seluruh satuan kerja Kementerian Agama pusat maupun daerah dilaksanakan dengan peserta yang terbatas dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Kegiatan memperingatinya juga disesuaikan dengan kemampuan masing-masing satuan kerja dan tetap mengedepankan pada prinsip-prinsip kesederhanaan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Semoga bermanfaat. (af_21.23)

sumber:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *