Tanya Jawab Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Parakan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP mengamanatkan tentang penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip efisiensi, efektif, dan berorientasi pada murid.

Penyederhanaan RPP hanya terdiri dari 3 komponen yang meliputi tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment). Guru dapat menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP secara bebas dan sederhana sesuai dengan 3 prinsip tersebut. Tujuan dari penyederhanaan RPP ini adalah untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.

Kebijakan Penyederhanaan RPP ini merupakan salah satu kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim. Lalu masih bingung dengan RPP model baru? Jangan khawatir, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI meluncurkan Buku Saku Tanya Jawab RPP agar dapat memberikan informasi dan pemahaman tentang esensi RPP untuk para guru.

Buku Saku RPP dapat diunduh di sini

Baca juga: RPP Inspiratif

Semoga bermanfaat. (af_19.50)

Humas MTsN 1 Temanggung

  • Editor                     : ato’ farid
  • Diupload                : jum’at, 28-2-2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *