HARI KEBANGKITAN NASIONAL 2021 DIMASA PANDEMI, BANGKIT! KITA BANGSA YANG TANGGUH

HUMAS ║ Penulis: Ato’ Farid ║ Editor: Tristi Munawaroh ║ 16 Mei 2021

Parakan, Temanggung – Pada 20 Mei 1948, presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno dengan sengaja menjadikan lahirnya organisasi Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme di Indonesia. Ketika itu, ada ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi. Selain itu Indonesia dalam masa revolusi mempertahankan diri dari Belanda yang ingin kembali berkuasa di Indonesia.

Presiden Soekarno menetapkan lahirnya Boedi Oetomo pada tanggai 20 Mei 1908 diangkat sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Dengan harapan golongan yang saling bertengkar dan rakyat Indonesia melalui momen ini dapat mengumpulkan kekuatan bersatu melawan Belanda. Soekarno berharap penetapan Hari Kebangkitan Nasional bisa mencegah perpecahan.

Tujuan peringatan 113 tahun Kebangkitan Nasional Tahun 2021 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-royong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan dan selalu optimistis menghadapi masa depan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari pandemi Covid-19 dalam semangat “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional saat ini sejatinya dapat dijadikan untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh. Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh. Tema ini mengingatkan bahwa semangat kebangkitan nasional mengajari kita untuk selalu optimistis menghadapi masa depan. Kita hadapi semua tantangan dan persoalan bersama-sama sebagai pewaris ketangguhan bangsa ini. Tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19”. Demikian materi sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate dalam Peringatan ke-113 Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021.

Akhir kata, bangkitlah Indonesiaku karena kita bangsa yang tangguh. Dan mari bersama lawan covid. (af_18.05)

Note: Upacara Bendera Virtual

Upacara bendera memperingati 113 Tahun Kebangkitan Nasional tahun 2021 dilaksanakan secara virtual oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan disiarkan secara streaming melalui: http://komin.fo/Harkitnas202l

Sumber: kominfo.go.id


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *