MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN WORLD CLEANUP DAY (WCD)

HUMAS ║Penulis/Editor: Ato’ Farid ║Kamis, 16 September 2021

Tentang WCD Indonesia

World Cleanup Day adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh dunia dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku, dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah dan meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah, serta memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan Bumi.

Pada tanggal 15 September 2018, World Cleanup Day yang pertama berhasil dilaksanakan serentak di 157 negara, menyatukan 18 juta orang dari berbagai wilayah di dunia, dan mengumpulkan 88.500 ton sampah. Pada aksi cleanup pertama tahun 2018, Indonesia berhasil menyatukan 7.688.332 relawan serta mengumpulkan 14.877 ton sampah

Dan pada tanggal 21 September 2019, WCD kedua berhasil dilaksanakan serentak di 180 negara, menyatukan 21,2 juta orang serta mengumpulkan 100.000 ton sampah dan pada tahun 2019, Indonesia berhasil menyatukan 9.539.315 relawan serta mengumpulkan 15.383 ton sampah.

Dikarenakan pandemi COVID-19, aksi cleanup di tahun 2020 dilaksanakan pada tanggal 13-19 September dalam skala kecil dan didukung dengan gerakan “Pilah Sampah dari Rumah”. Meskipun terbatas, Indonesia kembali menorehkan sejarah dengan menjadi negara pemimpin cleanup terbesar di dunia tiga tahun berturut-turut pada tahun 2020, di mana 4.173.881 relawan bergabung dalam aksi cleanup serta pilah sampah dari rumah dan sebanyak 4.014 ton sampah berhasil dikumpulkan.

Jadi Relawan Pilah Sampah dari Rumah

Mengingat kondisi pandemi COVID-19 belum mereda di Indonesia, seluruh relawan WCD Indonesia yang berada di zona beresiko tinggi melakukan cleanup/decluttering dan Pilah Sampah dari Rumah. Kegiatan ini berjalan dari tanggal 12-24  September 2021 dan untuk mengikuti kegiatan Aksi Cleanup/Decluttering dan Pilah Sampah dari Rumah, ikutilah langkah-langkah yang tertera pada panduan pilah sampah dari rumah di bawah ini:

Kegiatan World Cleanup Day Tahun 2021 Kabupaten Temanggung

PETUNJUK TEKNIS KEGIATAN WORLD CLEANUP DAY TINGKAT SEKOLAH/MADRASAH  (OFFLINE)

  1. Wali kelas memutar video arahan pilah sampah oleh Bupati Temanggung yang dapat diakses pada laman bit.ly/tutorialpilahwedtmg2021 dilakukan serentak pada Sabtu 18 September 2021 pukul 07.30 WIB.
  2. Setelah pemutaran video berakhir, Wali kelas memberikan arahan untuk melakukan pembersihan lingkungan dan dilanjutkan dengan pemilahan sampah pada area sekolah/madrasah.
  3. Seluruh siswa dan guru melakukan gerakan pilah sampah di lingkungan sekolah/madrasah dengan menyediakan peralatan seperti trash bag atau karung sampah secara mandiri, terbagi menjadi tiga tempat pembuangan sampah, yaitu organik (iso bosok), anorganik (ora iso bosok), dan residu. Selanjutnya hasil pilahan ditimbang untuk dijadikan pelaporan.
  4. Hasil kegiatan pilah sampah yang berupa sampah organik / mudah busuk dapat dipergunakan untuk membuat pupuk kompos sekolah, sampah anorganik / tidak mudah busuk dimanfaatkan sekolah untuk kegiatan sekolah atau dijual, dan sampah residu ditempatkan dalam karung berbeda dan dikumpulkan pada satu titik kumpul di lingkungan masing-masing sekolah pada hari Sabtu 18 September 2021.
  5. Sekolah mengupload foto hasil kegiatan pada sosial media masing-masing (instagram, facebook, twitter, status whatsapp).
  6. Kepala Sekolah melaporkan foto dan hasil pemilahan sampah pada laman bit.ly/sekolahwcdtmg2021

Sumber:

  • https://www.dutchwatersector.comeventsworld-cleanup-day
  • worldcleanupday.org
  • indorelawan.org

Akhir kata, semoga bermanfaat. Mari bersama selamatkan bumi dengan dengan “Join World Cleanup Day”! (af_21.21)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *