SELAMAT HARI PRAMUKA TAHUN 2021, BERBAKTI TANPA HENTI

HUMAS║Penulis: Ato’ Farid ║Editor: Tristi Munawaroh ║Rabu, 11 Agustus 2021

Parakan, Temanggung – Terlebih dahulu kami Keluarga Besar Gugus Depan 1757/1758 MTs Negeri 1 Temanggung ikut berbela sungkawa atas wafatnya Kak Prof Dr. Drs Jana Anggadiredja M.Sc. Apt. (Wakil Ketua / Ketua Komisi Perencanaan dan Pengembangan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 2018-2023). Meninggal di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto Jakarta.Sabtu, 17 Juli 2021 sekitar pukul 03:20 WIB. Doa baik kami menyertainya beliau, semoga ditempatkan mulia di sisi-Nya.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melalui Surat Keputusan Nomor 027 Tahun 2021 Tanggal 23 Februari 2021 yang ditandatangani oleh ketuanya, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso telah resmi meluncurkan logo 60 (enam puluh) tahun Gerakan Pramuka. Berikut arti dan logo yang dimaksud.

Warna merah berarti berani dan kesatria, sedangkan putih berarti rela dan tulus dalam berbakti. Angka 60 melambangkan tahun keenampuluh hadirnya Gerakan Pramuka, dengan angka “6” yang tangkainya bekombinasi daun nyiur yang rnenunjurkkan kecintaan Pramuka pada tanah air, dan lambang WOSM di tengah angka “0” menunjukkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di lndonesia dan satu-satunya yang diakui oleh organisasi kepanduan dunia.

Logo tersebut dirancang oleh Kak R. Andi Widjanarko, Andalan Nasional Komisi Kehumasan dan Informatika. Slogan: “Berbakti Tanpa Henti” yang menyiratkan semangat Pramuka untuk terus menerus berbakti tanpa henti di segala bidang.

Dalam rangka Hari Pramuka Tahun 2021 yang bertepatan dengan 60 Tahun Gerakan Pramuka berdasarkan Surat Edaran I Peringatan Hari Pramuka Tahun 2021 Nomor 0183-oo-B Tanggal 13 Juli 2021, disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Bulan Agustus telah ditetapkan sebagai Bulan Bakti Pramuka (desain banner terlampir), sehingga diharapkan segenap jajaran Gerakan Pramuka, baik kwartir, gugus depan, satuan karya pramuka dan satuan komunitas pramuka, serta setiap anggota pramuka, dapat memfokuskan dan meningkatkan kegiatan bakti masyarakat selama bulan bakti dimaksud.

Adapun kegiatan bakti tingkat nasional, yang diharapkan diikuti secara serentak semua jajaran Gerakan Pramuka di seluruh lndonesia adalah:

  • Vaksinasi Covid-19 untuk Andalan Nasional dan karyawan Kwarnas beserta keluarga serta masyarakat, tanggal 3 Agustus 2021;
  • Pembagian Bantuan Pencegahan Covid-19 (masker, hand sanitizer dan vitamin), tanggal 7 Agustus 2021;
  • Donor Darah dan Donor Plasma Covid-19, tanggal 9 Agustus 2021;

2. Apel Besar Hari Pramuka Tingkat Nasionaldirencanakan bertempat di Halaman istana Bogor, akan dilaksanakan dengan upacara terbatas tanggal ’14 Agustus 2021, jam 16.00 WlB, yang diikuti secara daring oleh 34 Kwartir Daerah, 200 Kwartir Cabang dan 12 Gugus Depan Luar Negeri, serta diikuti anggota pramuka secara live streaming melalui youtube, instagram, facebook, dan media social lainnya. Untuk Apel Besar Hari Parmuka di tingkat Kwarda, Kwarcab dan Kwarran, dapat dilaksanakan pada hari yang sama fiam yang berbeda), atau pada waktu lain yang masih di bulan Agustus 2021;

3. Kegiatan iringan Hari Pramuka Tahun 2021 yang juga diharapkan diikuti secara serentak semua jajaran Gerakan Pramuka di seluruh lndonesia adalah:

  • Ziarah ke TMP dan TPU tanggal 8 Agustus 2021;
  • Tabur Bunga di laut, danau, sungai dan lokasi bekas bencana, tanggal 11 Agustus 2021;
  • Ulang Janji tanggal 13 Agustus 2021, pukul 20.00 WlB.

4. Kegiatan khusus dalam rangka Peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka adalah:

  • Peletakan Batu Pertama Museum Pramuka (Museum Bapak Pramuka lndonesia Hamengkubuwono lX) dan Malam Apresiasi 60 Tahun Gerakan Pramuka akan dilaksanakan di Kwarda Dl. Yogyakarta, tanggal 21 Agustus 2021;
  • Peletakan Batu Pertama Buper dan pencanangan penyiapan Kantor dan Buper Kwarnas di lbu Kota Negara (lKN) Baru sertal KN Scout Camp dilaksanakan di Kwarda Kalimantan Timur, tanggal 28 Agustus 2021.

5. Seluruh pelaksanaan kegiatan sebagaimana dimaksud dalam butir 1, 2,3 dan 4 di atas, dipersiapkan, direncanakan dan dilaksanakan dengan memperhatikan secara sungguh sungguh protokol covid-19, serta perkembangan situasi dan kondisi pandemi covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah.

Sumber: pramuka.id

Akhir kata, semoga bermanfaat dan mari bersama lawan covid. (af_19.48)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *