SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1442 H/2021 M, RAMADHAN SEHAT IBADAH LANCAR

Humas ║Penulis: Ato’ Farid ║ Editor: Tristi Munawaroh ║ 6 April 2021

Parakan, Temanggung – Dalil Naqli Puasa Ramadhan berdasarkan al-Qur’an surah al-Baqarah/2 ayat 183 yang terjemahannya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Hadits Shahih Bukhari nomor 1768, Kitab: Shaum, Bab: Barangsiapa berpuasa ramadan karena iman dan mengharap pahala.

حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Terjemahan Hadits:

Telah menceritakan kepada kami Muslim bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami Hisyam telah menceritakan kepada kami Yahya dari Abu Salamah dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang menegakkan lailatul qadar (mengisi dengan ibadah) karena iman kepada Allah dan mengharapkan pahala (hanya dari-Nya) maka akan diampuni dosa-dosa yang telah dikerjakannya, dan barangsiapa yang melaksanakan shaum Ramadhan karena iman kepada Allah dan mengharapkan pahala (hanya dari-Nya) maka akan diampuni dosa-dosa yang telah dikerjakannya.”

MANFAAT PUASA DARI SISI AGAMA

Apa saja faedah puasa? Syekh Izzuddin bin ‘Abdissalam asy-Syafi’i  (salah seorang penulis kitab Maqashid as-Syari’ah dari Mazhab Syafi’i ) dalam kitab karyanya “Maqashid al-Shaum” yang secara khusus membahas puasa, pada bagian kedua halaman 10 menyampaikan beberapa faedah berpuasa:

  1. diangkatnya derajat manusia,
  2. diampuninya beberapa kesalahan,
  3. mengendalikan syahwat,
  4. menggerakkan semangat untuk memperbanyak sedekah,
  5. menyempurnakan taat,
  6. menyukuri nikmat Allah,
  7. menghindarkan diri dari bisikan-bisikan kemaksiatan, dan
  8. membersihkan hati dan menyehatkan badan.

MANFAAT PUASA DARI SISI MEDIS

Apa saja manfaat puasa? Manfaat Puasa yang dimuat laman Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (p2ptm) Kementerian Keseharan RI adalah:

  1. Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal.
  2. Ketika menjalankan ibadah puasa, sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik.
  3. Dengan berpuasa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat.

MENGONSUMSI OBAT DI BULAN PUASA

Bagaimana dengan minum obat di bulan Ramadhan? Tidak ada yang ingin jatuh sakit, apalagi di tengah bulan Ramadhan saat menjalani puasa. Beberapa orang mungkin khawatir penggunaan obat-obatan jadi hal yang membatalkan puasa. Namun benarkah demikian? Berdasarkan kesepakatan para ulama dan ahli medis di Maroko tahun 1997, tidak semua obat membatalkan puasa. Obat-obat tersebut adalah obat yang tidak diminum melalui mulut dan tidak masuk saluran cerna. Berikut untuk obat-obatnya.

1. Obat oles, jenis obat yang pemakaiannya diserap melalui kulit seperti krim, salep, gel, dan plester disebut tidak membuat puasa kita menjadi batal. Biasanya obat jenis ini dibutuhkan untuk mereka yang memiliki keluhan penyakit kulit atau nyeri.

2. Obat tetes, menurut infografis yang dibagikan Kemenkes penggunaan obat tetes untuk mata, telinga, atau hidung juga tidak membatalkan puasa. Namun demikian hal ini masih menjadi perdebatan karena beberapa ulama menganggap memasukkan obat tetes ke telinga dan hidung bisa membatalkan karena terhubung ke perut.

3. Obat di bawah lidah, ada beberapa obat yang dimasukkan ke dalam tubuh lewat bawah lidah sebagai contoh nitrogliserin untuk penyakit angin duduk (angina pektoris). Pemakaian obat jenis ini disebut tidak membatalkan puasa.

4. Obat suntik, obat yang masuk lewat suntikan ke kulit, otot, atau pembuluh darah juga tidak membatalkan puasa. Kecuali bila yang dimasukkan adalah nutrisi cairan makanan lewat pembuluh darah (infus intravena).

5. Obat kumur, penggunaan obat kumur biasa digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi akibat pertumbuhan bakteri dalam mulut dan juga membuat nafas lebih segar. Menurut kesepakatan obat kumur tidak membuat puasa batal selama tidak tertelan.

6. Obat inhaler asma, untuk mengobati asma obat semprot inhaler biasa diberikan tujuannya untuk meringankan gejala dan mencegah kekambuhan. Obat digunakan dengan cara disemprotkan langsung ke dalam saluran napas lewat mulut dan menurut ahli hal ini tidak membatalkan puasa. Namun demikian ada juga beberapa ulama yang tidak sependapat menganggap memasukkan obat inhaler ke mulut membatalkan puasa.

7. Oksigen atau anestesi, bagi pasien yang kesulitan untuk bernapas atau harus menjalani operasi kadang akan diberikan selang berisi gas oksigen atau anestesi di saluran napasnya. Hal ini menurut ahli tidak membatalkan puasa.

8. Suppositoria, suppositoria adalah obat yang diberikan pada pasien untuk dikonsumsi lewat rektum. Penggunaan obat suppositoria dianggap tidak membatalkan puasa.

RAMADHAN 1442 H/2021 M

  1. Hukum Vaksinasi Covid-19 saat berpuasa, berikut Fatwa Majlis Ulama Indonesia (MUI): “Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuscular tidak membatalkan puasa. Melakukan vaksinasi Covid-19 bagi umat Islam yang berpuasa dengan injeksi intramuscular hukumnya boleh sepanjang tidak menyebabkan bahaya (dlarar)”.
  2. Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1442 H untuk seluruh daerah di Indonesia rilisan Bimas Islam Kementerian RI melalui tautan ini: https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah ( > pilih provinsi > pilih kabupaten > klik ‘seach’ atau proses data > muncul jadwal imsakiyah > anda bisa juga mengunduhnya dengan ekspor ke MS Excel dengan cara klik ‘download’).
  3. Bagi warga Muhammadiyah, Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1442 H bisa berkunjung ke laman ini: https://suaramuhammadiyah.id/2021/03/19/download-jadwal-imsakiyah-1442-h-2021-m-se-indonesia/ ( > pilih kota yang diinginkan > klik tanda download/panah ke bawah di sebelah kanan atas > anda bisa juga langsung mencetakknya dengan cara klik tanda ‘print’).
  4. Bagi warga Nahdlatul Ulama, Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1442 H, bisa berkunjung ke laman ini: http://falakiyah.nu.or.id/JadwalImsakiyahPuasa.aspx ( > pilih menu lokasi lalu masukkan lokasi yang ingin dicari > klik ‘process’ > muncul jadwal imsakiyah > anda bisa juga mendownload dengan cara klik logo MS Word, MS Excel, atau XML yang ada di bawah jadwal imsakiyah).
  5. Panduan menjalankan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H telah dirilis oleh Kementerian Agama RI berdasarkan surat edaran yang ditandatangani Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas. Surat edaran ini bertujuan untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan protokol kesehatan, sekaliguas untuk mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi masyarakat dari risiko Covid-19.

Unduhan dokumen di sini

Referensi:

  1. quran_in_word_id_1.3
  2. https://hadits.net/
  3. https://islami.co/
  4. https://www.researchgate.net/
  5. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/
  6. https://kesmas.kemkes.go.id/
  7. https://twitter.com/KemenkesRI/
  8. https://health.detik.com/
  9. https://www.mui.or.id/
  10. https://bimasislam.kemenag.go.id/
  11. https://kemenag.go.id/
  12. https://suaramuhammadiyah.id/
  13. http://falakiyah.nu.or.id/

Akhir kata, wallahu a’lam dan semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan 1442 H/2021 M diterima oleh Allah SWT. (af_21.35)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *