TAK KENAL MAKA TAK SAYANG, APA ITU KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM)?

HUMAS ║Penulis: Ato’Farid ║Editor: Tristi Munawaroh ║Sabtu, 28 Agustus 2021

Apa Itu Kompetisi Sains Madrasah ?

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang. Proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi.

Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2021 hanya dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat).

Tahapan Dan Waktu Pelaksanaan

Keterangan:

  • KSM Tingkat Satuan Pendidikan mulai 21 – 30 Juni 2021, ditetapkan oleh Madrasah masing-masing, Peserta juara KSM tingkat satuan pendidikan dikirim untuk mengikuti KSM tingkat Kabupaten/Kota.
  • KSM Tingkat Kabupaten/Kota. Peserta yang sudah didaftarkan oleh Madrasah/Sekolah kemudian sudah diverifikasi oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota akan mengikuti KSM tingkat kabupaten/Kota yang dilaksanakan pada 21 – 23 Agustus 2021.
  • KSM Tingkat Provinsi. Peserta KSM Provinsi diikuti oleh 3 siswa terbaik tiap bidang studi yang dilombakan sebagai hasil seleksi KSM Kabupaten/Kota dalam satu provinsi yang dilaksanakan pada 18 – 20 September 2021.
  • KSM Tingkat Nasional. KSM Nasional diikuti oleh 1 orang siswa terbaik tiap provinsi per bidang studi yang akan dilaksanakan pada 23 Oktober 2021.
Pengumuman Pemenang Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten/Kota
  • Selamat kami ucapkan bagi Peserta yang menjadi Juara dalam pelaksanaan KSM Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2021
  • Juara 1,2 dan 3 berhak mengikuti KSM tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada 18 – 20 September 2021
  • Kartu Peserta dan petunjuk pelaksanaan KSM tingkat Provinsi dapat diunduh pada tanggal 10 September 2021
  • Silahkan login menggunakan akun Madrasah/Sekolah untuk melihat rincian skor dan mengunduh sertifikat juara dan sertifikat Peserta KSM Tingkat Kabupaten/Kota.

Hasil Perjuangan Peserta KSM Tingkat Kabupaten/Kota

Selamat kepada ananda Eggi Haidar Falahi kelas 9A yang terjun dalam kompetisi bidang IPA Terpadu Terintegrasi dan Renci Ragil Liya kelas 9F yang terjun dalam kompetisi bidang IPS Terpadu Terintegrasi, yang keduanya berhasil menyabet Juara I KSM Tingkat Kabupaten/Kota pada 21-23 Agustus 2021 dan berhak mewakili kabupaten Temanggung ke ajang KSM Tingkat Provinsi Jawa Tengah pada 18-20 September mendatang.

Akhir kata, “Bersama Kompetisi Sains Madrasah, Menuju Madrasah Hebat Bermartabat”. Dan mari bersama lawan covid. (af_20.52)

Sumber: https://ksm.kemenag.go.id/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *